6 Cara Melindungi Ponsel Android Dari Virus

Si Haitek - Smartphone ataupun perangkat berbasis Android belum bebas dari serangan virus. Setiap sistem operasi memiliki celah yang bisa dimanfaatkan pihak tak bertanggung jawab untuk menyebarkan virus dan itu berakibat buruk karena bersifat merusak. Segera lakukan pencegahan dini, berikut enam cara melindungi HP Android dari virus!

cara melindungi hp android dari virus
Virus Android
1. Update software asli
Lakukan update ataupun patch dengan memakai software asli di perangkat Android, bila ingin memperbarui versi Flash dan Java, pastikan memakai fitur update aslinya. Jangan cepat terpancing meng-update Java, karena belakangan ini, beberapa orang tak bertanggung jawab memanfaatkan Java untuk melakukan cybercrime.

2. Jangan sampai kecurian
Smartphone atau tablet Android termasuk barang incaran pencuri. Jagalah perangkat kesayangan jangan sampai diambil orang lain, sebab di dalamnya terdapat data-data pribadi yang penting. Sebagai langkah pencegahan, aktifkan fitur pelacakan dengan memanfaatkan fitur GPS atau 3G, jangan lupa pertimbangkan fitur Antimaling.

3. Lakukan Back-up!
Sebuah cara melindungi hp android dari virus sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Manfaatkan fasilitas berbasis cloud, atau cobalah menyimpan data di perangkat portable lainnya seperti external HD atau USB.

4. Jangan instal sembarangan
Beragam aplikasi yang tersedia, namun beberapa diantaranya berpotensi dijebol oleh penyusup. Sebelum menginstal sebuah aplikasi, pastikan terlebih dahulu sumber resminya, baca keterangan atau review para pengguna lain. Aplikasi yang berasal dari situs-situs pihak ketiga wajib diwaspadai.

5. Aktifkan fitur keamanan di sosial media
Segera aktifkan fitur keamanan di sosial media seperti Facebook, langkah ini demi melindungi pencurian dan penyalahgunaan data pribadi. Situs jejaring sosial seperti Facebook menyediakan fitur setup keamanan yang handal.

6. Instal software keamanan
Salah satu cara melindungi hp android dari virus adalah menginstal software keamanan. Banyak program yang menawarkan perlindungan ekstra, baik gratisan atau berbayar. Menginstal antivirus menjadi salah satu kewajiban yang tak boleh terlupakan.

6 Cara Melindungi Ponsel Android Dari Virus. There are any 6 Cara Melindungi Ponsel Android Dari Virus in here.