8 Cara Efektif Menghemat Baterai Smartphone

Si Haitek - Ada delapan cara menghemat baterai Smartphone, solusi tepat bagi pengguna ponsel pintar yang seringkali mengeluh masalah baterai. Pemakaian rutin akan kurangi daya tahan baterai, sehingga ponsel harus di isi ulang lebih dari sekali dalam sehari.

cara menghemat baterai Smartphone

Lalu, apa saja delapan cara menghemat baterai Smartphone?

1. Matikan aplikasi tidak penting
Jika ponsel terasa panas, mungkin disebabkan beban kinerja processor dan bila dibiarkan, konsumsi baterai jadi meningkat. Periksa task manager, cari aplikasi yang paling banyak memakan energy, matikan satu per satu aplikasi yang tak penting.

2. Matikan fitur vibrate atau getaran
Notifikasi getaran memakan banyak energy, apalagi jika dipakai bersamaan dengan notifikasi suara. Matikan fitur vibrate, lebih baik memakai fitur suara saja dan aturlah volume dan durasi, jangan terlalu tinggi dan panjang.

3. Atur kecerahan display
Layar ponsel cerah akan menguras baterai, aturlah tingkat kecerahan. Turunkan level kecerahan! Pengguna disarankan menurunkan tingkat kecerahan layar sebesar 40% atau lebih rendah lagi. Pilihan terbaik adalah mengaktifkan fitur Auto Brightness.

4. Matikan fitur-fitur tak penting
Jangan aktifkan WiFi, GPS, Bluetooth dan paket data internet 3G/4G. Nyalakan salah satu jika dipandang perlu.

5. Selektif memilih theme atau wallpaper
Usahakan tidak memilih wallpaper ataupun theme bergerak karena akan mengurangi pemakaian baterai.

6. Isi ulang baterai dengan cermat
Pastikan recharge baterai secara optimal dan cermat. Ketika terisi penuh hingga 100%, segera cabut konektor untuk hindari masalah serius di masa depan.

7. Manfaatkan Battery Saving Mode
Segera aktifkan fitur Battery Saving Mode yang berfungsi membatasi kinerja maksimum CPU.

8. Cek Task Manager
Salah satu cara menghemat baterai Smartphone adalah selalu mengecek task manager. Periksa satu per satu aplikasi yang berjalan. Jika dinilai terlalu berat dan tidak terlalu penting, matikan atau uninstall saja.

8 Cara Efektif Menghemat Baterai Smartphone. There are any 8 Cara Efektif Menghemat Baterai Smartphone in here.