5 Cara Amankan Jaringan Wifi Dari Penyusup

Si Haitek - Sekarang ini, beberapa perumahan lebih memilih gunakan jaringan wifi untuk keperluan internet daripada memakai kabel colok biasa. Dengan adanya jaringan wifi, semua perangkat bisa terhubung ke internet lebih cepat dan tidak ribet.

cara mengamankan jaringan wifi
Jaringan WiFi
Namun, bila sedang asik berinternet ria, pernahkah merasa kecepatan transfer data tiba-tiba melambat? Ada banyak penyebab akan masalah ini, seperti pengguna yang masuk ke jaringan akses wifi tanpa izin. Guna menangkal permasalahan ini, berikut cara mengamankan jaringan wifi yang dikutip dari situs Which.

1. Segera Pasang Kode Sandi
Bila jaringan wifi tak terpasang kode sandi atau password, segeralah pasang. Ini sebagai langkah pencegahan agar semua orang yang ada di sekitar jangkauan router tak bisa ikut mengakses internet tanpa izin pemilik jaringan. Memasang kode sandi pada router tak sulit, cukup masuk ke dalam alamat akses perangkat, masuk ke menu setting dan pasang kode sandi/password.

2. Enkripsi Router
Sebenarnya, ini cara mudah mengamankan jaringan wifi meski terdengar sedikit rumit. Langkahnya tak jauh berbeda seperti membuat password untuk router. Masuk ke menu setting, nanti akan ada tiga pilihan enkripsi, yakni WPA2, WPA dan WEP. Pilih standar pengamanan baru, yaitu WPA2.

3. Mengganti SSID
Apa itu SSID? Itu adalah nama jaringan yang terpasang di rumah, baik ketika anda masuk ke dalam jaringan. Umumnya, nama perangkat mengikuti nama penyedia jaringan internet, tapi itu bisa diubah. Dengan merubah nama SSID, maka mengurangi kemungkinan penyimpangan.

4. Non aktifkan Guest Network
Beberapa router wifi sediakan jaringan khusus untuk guest network. Guna menghindari penyusup, matikan fitur ini. Opsi mematikan guest network bisa jadi pilihan alternatif bila tak ingin memasang password di router.

5. Mengatur posisi router
Cara terakhir mengamankan jaringan wifi adalah mengatur posisi router. Lebih baik meletakkan router di posisi tengah rumah agar seluruh area memperoleh jangkauan sinyal yang setara. Bila sedang tidak digunakan, matikan router.

5 Cara Amankan Jaringan Wifi Dari Penyusup. There are any 5 Cara Amankan Jaringan Wifi Dari Penyusup in here.