7 Cara Merawat Baterai Ponsel Dengan Benar

Si Haitek - Memiliki ponsel ataupun Smartphone berdaya baterai paling awet terasa percuma jika pemilik tak tahu bagaimana menjaga performa baterai agar tetap dalam kondisi baik. Baterai merupakan elemen penting dalam sebuah Smartphone, setiap vendor menawarkan produk dengan daya kapasitas baterai yang berbeda-beda. Berikut tips cara menjaga kualitas baterai agar tetap awet.

cara merawat baterai ponsel
Merawat Baterai Ponsel
1. Jangan paksa baterai bekerja terlalu keras. Apa maksudnya? Mungkin beberapa pengguna menggunakan ponsel hingga baterai benar-benar habis, mungkin terdengar lebih efisien namun pernyataan tersebut salah besar karena dapat merusak baterai itu sendiri.

2. Pengguna disarankan untuk mengisi ulang baterai sebelum daya kapasitas benar-benar habis. Mungkin pernyataan ini sedikit bertentangan dengan apa yang sering terdengar. Pengguna boleh mengisi ulang baterai meski daya kapasitas tersisa 50%, justru itu akan menambah umur baterai sehingga lebih awet dan tahan lama.

3. Tidak disarankan mengisi baterai tanpa pengawasan. Beberapa pengguna ingin mengisi ulang kapasitas baterai hingga 100% lalu pergi tidur. Jika kapasitas telah terisi penuh dan socket tidak dicabut, maka itu akan merusak kualitas baterai.

4. Demi menjaga baterai tetap dalam kondisi prima, lakukan pengisian baterai mulai dari 0 hingga 100%, lakukan sebulan sekali saja.

5. Jika ingin pergi tanpa membawa ponsel, simpanlah di tempat kering dan sejuk. Pastikan baterai ponsel dalam kondisi 40%.

6. Selalu gunakan kabel dan charger asli, hal ini disebabkan kekuatan charger lebih sesuai dengan kondisi ponsel. Jangan gunakan yang lain, apalagi yang palsu. Karena tegangan yang terlalu tinggi bisa menyebabkan baterai rusak permanen.

7. Jangan mengisi baterai di sembarang tempat, apalagi meletakkan ponsel di daerah panas yang terkena sinar matahari langsung. Musuh terbesar baterai ponsel adalah panas.

7 Cara Merawat Baterai Ponsel Dengan Benar. There are any 7 Cara Merawat Baterai Ponsel Dengan Benar in here.