Hanya berusaha memberikan informasi teknologi terbaru

3 Gangguan Jaringan Operator Indonesia Di Tahun 2013

Si Haitek - Jaringan telekomunikasi di Indonesia tak selamanya berjalan mulus, beberapa operator sepanjang tahun 2013 ini mengalami penurunan performa, tak hanya sehari namun berhari-hari. Tentu saja, kejadian itu sangat mengecewakan pelanggan setia. Penurunan performa tidak terjadi dalam persentase tinggi, sehingga beberapa operator bebas melenggang tanpa adanya pemberian sanksi dari pemerintah. Berikut beberapa gangguan jaringan sepanjang tahun 2013!


1. Jaringan Smartfren Down
Sekitar pertengahan Maret 2013, operator Smartfren mengalami gangguan selama tiga berturut-turut dan sukses menerima ribuan komplain pelanggan. Permasalahan utama terdapat di jalur internasional, yang mengambil sekitar 75 persen kapasitas jaringan. 

Kabel utama jaringan Smartfren yang melewati perairan pulau Bangkandan putus akibat jangkar kapal minyak. Kesialan tak terhenti di situ saja, jalur jaringan darat ikut terganggu akibat tanah longsor.

2. Sinyal Telkomsel Jabodetabek Jeblok
Pada tanggal 8/11/2013, jaringan sinyal Telkomsel di kawasan Jabodetabek mengalami 'down' namun tidak berdampak begitu luas. Beberapa pengguna mengaku tak memperoleh sinyal untuk aktifitas komunikasi. Via akun Twitter resmi, Telkomsel mengaku jaringan 2G dan 3G sedang terganggu.

Gangguan ini berpengaruh terhadap kualitas layanan data, tetapi pengguna setia bisa tetap mengirim sms dan menelpon. Gangguan layanan data disebabkan kerusakan router dan masalah ini segera teratasi dalam beberapa jam saja. Sebelum kejadian ini, Telkomsel pernah alami hal yang sama pada tanggal 21/1/2013, namun itu terjadi sebagai akibat perbaruan sistem jaringan.

3. Kabel Optik Indosat Dicuri
Nasib sial dialami operator Indosat, kabel optik yang berada di bawah laut kawasan Pulau Bintan, Riau, hilang dicuri oleh pihak tak tertanggung jawab. Akibatnya, layanan jaringan terganggu dan pelanggan pun resah. Jaringan telekomunikasi dan data terputus.

Untungnya, jaringan tidak padam secara keseluruhan dan pelanggan masih bisa menikmati layanan meski tidak begitu sempurna. Perlu waktu sebulan bagi pihak Indosat melakukan penyambungan kembali kabel yang dicuri pihak tak bertanggung jawab itu.

3 Gangguan Jaringan Operator Indonesia Di Tahun 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Si Haitek