5 Cara Agar Smartphone Android Bebas Virus

Si Haitek - Ponsel canggih bukan berarti bebas dari malware dan virus, justru jumlah ancaman semakin banyak. Internet merupakan sumber potensial penyebaran virus, dan pengguna Smartphone sering menghubungkan perangkat kesayangan ke jaringan tersebut, entah via WiFi ataupun jaringan seluler. Meski Internet dianggap ancaman penyebaran virus dan malware, bukan berarti pengguna Smartphone tak boleh menikmati fitur ini, namun kewaspadaan perlu ditingkatkan.


Berikut 5 cara tambahan agar Smartphone kesayangan tak terinfeksi bahaya virus dan sejenisnya.

1. Gunakan aplikasi resmi
Aplikasi resmi hanya tersedia di Google Play, memang, masih banyak alternatif lainnya tapi tidak disarankan karena aplikasi-aplikasi yang tersedia mungkin saja mengandung virus atau Malware. Bila mencari alternatif Google Play, pertimbangkan Amazon atau Samsung Apps, keamanan aplikasi lebih terjamin.

2. Hindari aplikasi bajakan
Google PlayStore bukan berarti bebas aplikasi palsu, terkadang pengguna perlu cermat. Sewaktu aplikasi BBM belum dirilis resmi untuk Android, aplikasi sejenisnya sudah tersedia di PlayStore. Guna menghindari aplikasi bajakan, baca terlebih dahulu review para pengguna dan lihat rating bintang yang diperoleh.

3. Tingkatkan pengaturan keamanan
Jangan lupa untuk selalu meningkatkan pengaturan keamanan setelah mengupdate sistem operasi Android. Coba buka menu Setting, pilih Security dan centang tulisan "Verify Apps".

4. Perbarui Sistem Android
Beberapa merek dan produk Smartphone memberi layanan purna jual yang memungkinkan pengguna memperbarui sistem operasi Android terbaru. Tak sulit mengupdate perangkat Android, cukup masuk ke menu Setting, pilih About phone dan tekan System updates.

5. Instal antivirus
Menginstal antivirus merupakan salah satu dari 6 cara melindungi ponsel Android dari virus. Banyak developer beken merilis software antivirus versi mobile, ada yang gratis dan berbayar, pilihlah sesuai selera dan budget.

5 Cara Agar Smartphone Android Bebas Virus. There are any 5 Cara Agar Smartphone Android Bebas Virus in here.