5 Teknologi Manusia Terinspirasi Dari Binatang

Si Haitek - Percayakah anda bila perkembangan teknologi yang ada saat ini terinspirasi dari binatang? Manusia memperoleh inspirasi dengan memperhatikan lingkungan sekitar, termasuk hewan. Berikut beberapa fakta yang membuktikan bahwa teknologi canggih terinspirasi dari alam, tumbuhan dan hewan.


1. Lebah oriental
Berbeda dari jenis lebah lainnya, lebah oriental punya kemampuan untuk mengubah panas sinar matahari menjadi energi listrik sehingga dapat beraktifitas. Konsep ini menginspirasi para ilmuwan untuk menciptakan tenaga matahari yang menghasilkan energi listrik.

2. Tawon
Tawon punya kemampuan unik dalam memangsa belatung yang tersembunyi di dalam kayu dan pepohonan. Bagaimana hewan ini mendeteksi belatung yang ada di dalam kayu? Tawon menggunakan konsep radar yang kemampuannya mampu menembus lapisan tanah. Penyadapan dengan menggunakan radar membuat tawon mampu menerka pergerakan mangsa.

3. Jamur mikoriza
Bagaimana cara kinerja software antivirus? Tak jauh berbeda dengan pola perlindungan tumbuhan jamur mikoriza yang hidup di bawah tanah. Tumbuhan akan mengeluarkan bahan kimia khusus untuk memperingatkan tanaman jamur lainnya jika terserang kutu daun atau jenis penyakit tertentu. Bahan kimia khusus itu berfungsi sebagai peringatan dini agar tanaman lain meningkatkan sistem imun, sehingga siap melawan bila virus datang.

4. Semut
Cara kerja Internet protokol terinspirasi dari koloni semut. Bila seekor semut pekerja datang cepat ke sarang, itu pertanda bahwa suatu tempat ditemukan banyak makanan, sehingga semut akan menambah armada untuk mengambil makanan secepat mungkin.

5. Kumbang arang
Teknologi inframerah terinspirasi dari perilaku kumbang arang. Meski berada jauh dari habitat, kumbang bisa mendeteksi potensi arang dan mendatanginya secara langsung dengan sensor inframerah.

Itulah lima teknologi yang terinspirasi dari hewan. Tentu saja, masih banyak lagi teknologi yang masih belum terungkap.

5 Teknologi Manusia Terinspirasi Dari Binatang. There are any 5 Teknologi Manusia Terinspirasi Dari Binatang in here.