Hanya berusaha memberikan informasi teknologi terbaru

6 Cara Membeli Ponsel Pintar Bekas

Si Haitek - Meski pasar Smartphone dipenuhi produk dengan harga terjangkau, beberapa orang lebih memilih produk yang tidak sekedar murahan. Maka, membeli Smartphone kelas atas adalah solusi terbaik walaupun tidak dalam kondisi baru alias bekas.

Peminat ponsel bekas di Indonesia cukup tinggi, terutama Smartphone high-end. Beberapa pembeli lebih menyukai kategori ini karena bisa memperoleh barang impian meski kondisinya tak lagi baru.

Sebelum membeli Smartphone bekas, ada enam kondisi wajib diperhatikan oleh calon pembeli.

1. Riwayat asal-usul
Cek barang dengan seksama, apakah barang hasil kejahatan, selundupan ataupun ilegal. Coba tanyakan ketersediaan kartu garansi ataupun nota pembelian. Periksa IMEI dan segel yang tertempel di badan ponsel. Membeli ponsel bekas legal itu lebih baik dari barang illegal, lebih terjamin.

2. Cek riwayat penggunaan
Tanyakan kepada si penjual secara detil mengenai riwayat penggunaan. Apakah ponsel pernah terjatuh, hang, root atau sebagainya. Periksa dan coba semua fitur, apakah berjalan lancar atau tidak. Tanyakan terus ke si penjual.

3. Periksa fisik ponsel
Bodi ponsel wajib diperiksa sedetil mungkin, mulai dari bagian luar hingga dalam. Cek baterai, bodi, tombol fisik dan layar, pastikan semua dalam keadaan utuh dan tak ada cacat sedikitpun. Ada baiknya, anda sudah mengenal bentuk ponsel saat masih baru, guna mengecilkan kemungkinan tertipu.

4. Tersedia garansi
Lebih baik memilih Smartphone yang masih memiliki kartu garansi. Biasanya ponsel ini dilepas oleh pemilik sebelumnya karena beberapa alasan, entah itu ganti tipe baru atau cepat merasa bosan.

5. Dukungan Produsen
Carilah ponsel yang masih didukung oleh produsen, entah itu update software ataupun jenis service lainnya. Terkadang, ponsel Android memerlukan update OS, carilah Smartphone yang masih memperoleh update OS dari sang produsen.

6. Harga
Bila Smartphone bekas harganya tidak terlalu jauh dari harga baru, pertimbangkan dulu. Jika hanya selisih 500-700 ribu, simpan uang, lebih baik membeli yang baru.

6 Cara Membeli Ponsel Pintar Bekas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Si Haitek