7 Cara Merawat Baterai Samsung Galaxy S4

Si Haitek - Smartphone butuh perawatan rutin agar tetap terjaga performanya dan salah satu aspek yang wajib diperhatikan adalah baterai. Beberapa kasus tertentu, baterai jebol atau drop akan membuat performa Smartphone terganggu dan hanya bisa digunakan beberapa jam saja, tak begitu maksimal. Lalu, bagaimana merawat baterai Samsung Galaxy S4?

gambar Samsung Galaxy S4

a. Ketika sedang mengisi ulang baterai, jangan letakkan ponsel di suhu tinggi atau ekstrim seperti di dalam mobil atau dashboard. Performa baterai akan turun secara signifikan bila berada di suhu tinggi lebih dari 40 celcius. Suhu panas menyebabkan reaksi kimia yang membuat baterai Lithium meledak bahkan meleleh.

b. Bila ingin membawa baterai cadangan, terutama yang bisa dilepas, pastikan kutub-kutub baterai tidak terhubung ke benda-benda lain karena menyebabkan hubungan pendek.

Selain memperhatikan kondisi baterai secara fisik, perhatikan pula beberapa faktor penting, termasuk menghemat kapasitas baterai ketika Smartphone dalam kondisi menyala.

1. Bila tidak diperlukan, matikan fitur GPS karena memakan daya baterai yang begitu besar. Gunakan fitur ini bila diperlukan saja, terutama ketika berada di luar rumah saat perjalanan.

2. Instal aplikasi manajemen baterai seperti Battery Doctor. Aplikasi ini akan menghemat daya baterai sehingga tak terlalu boros.

3. Bila tak diperlukan, matikan fitur Bluetooth dan Wifi. Keduanya memakan daya baterai yang begitu besar, sama halnya fitur GPS.

4. Matikan program yang tak diperlukan, terutama yang menguras baterai. Perhatikan task manager selalu.

5. Jangan memakai animated screen/wallpaper dan widget tertentu yang bisa menguras daya baterai.

6. Fitur lain yang wajib dimatikan untuk sementara waktu adalah eye gestures dan air view.

7. Atur tingkat kecerahan layar, jangan terlalu terang karena menguras baterai lebih cepat.

Itulah tujuh tips merawat baterai Samsung Galaxy S4 agar tetap awet dan tidak jeblok.

7 Cara Merawat Baterai Samsung Galaxy S4. There are any 7 Cara Merawat Baterai Samsung Galaxy S4 in here.