4 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Restart Sendiri

Si Haitek - Beragam jenis kerusakan yang dialami sebuah Smartphone, salah satunya adalah bootloop. Bila perangkat kesayangan mengalaminya, maka booting akan terjadi berulang kali dan tak bisa masuk ke layar utama.
Menurut sebuah situs teknologi, bootloop terbagi menjadi tiga jenis, yakni ringan, sedang dan berat. Tentu saja, setiap jenis punya cara penanganan yang berbeda-beda. Bila Smartphone kesayangan mengalami bootloop ringan, empat langkah bisa dilakukan sendirian tanpa harus datang ke service center. Berikut cara mengatasi smartphone restart sendiri akibat bootloop ringan.

1. Hard reset
Langkah pertama yang wajib dilakukan bila Smartphone terkena bootloop ringan. Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu melepas baterai ketika perangkat dalam keadaan menyala.

Biasanya bootlop ringan yang diatasi dengan hard reset terjadi akibat kondisi ponsel terlalu panas atau bekerja terlalu keras. Oleh karena itu, hindari lakukan aktivitas multitasking atau bermain game terlalu lama.

2. Uninstall aplikasi aneh
Aplikasi yang terinstal merupakan salah satu penyebab bootloop ringan. Mungkin aplikasi tidak kompatibel, entah itu akibat sistem operasi ataupun software bawaan ponsel.

Mungkin saja menginstal aplikasi mencurigakan, terutama mengandung malware, ponsel mengalami crash atau bootloop. Pilihan terbaik adalah menghapus atau menghilangkan aplikasi (uninstall) yang telah terpasang.

3. Update software
Bootloop ringan diakibatkan bug pada software bawaan ponsel, meski kasus itu sangat jarang terjadi. Pilihan terbaik guna mengatasinya adalah memperbarui software dan itu mudah dilakukan, entah lewat jaringan sinyal 3G/EDGE atau WiFi, pokoknya terhubung dengan jalur Internet.

4. Reset Factory
Bila tiga cara sebelumnya belum mampu menyelesaikan masalah bootloop ringan, langkah terakhir adalah Reset Factory! Opsi ini akan mengembalikan Smartphone seperti kondisi awal waktu pembelian.

Itulah empat cara mengatasi smartphone restart sendiri akibat bootloop ringan. Mudah, kan?

4 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Restart Sendiri. There are any 4 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Restart Sendiri in here.