4 Cara Mudah Merawat Harddisk Eksternal

Si Haitek - Beberapa tahun silam orang-orang mengandalkan USB Flashdisk untuk menyimpan data-data penting. Karena kapasitasnya yang terbatas, beberapa vendor beken merilis perangkat harddisk eksternal. Para pengguna USB Flashdisk pun beralih menggunakan harddisk eksternal yang dianggap sebagai pilihan tepat karena kapasitas lebih lapang.


Beberapa orang membeli harddisk eksternal bila kapasitas harddisk internal PC dan Laptop sudah tak lagi mencukupi, terutama mereka yang hobi mengkoleksi film-film terbaru. Agar perangkat tetap bekerja dengan baik, yuk cari tahu cara merawat harddisk eksternal.

1. Jangan cabut kabel konektor/penghubung
Penyebab utama harddisk eksternal mengalami bad sector yaitu mencabut kabel konektor tanpa prosedur yang tepat. Sebelum memutuskan hubungan perangkat dari PC/Laptop, gunakan fasilitas "safely remove hardware" dan tunggu hingga muncul notifikasi perangkat aman untuk dilepaskan.

2. Lakukan Scanning dan Defragmentasi
Sama halnya dengan harddisk internal, perangkat harddisk eksternal juga perlu scanning virus dan defragmentasi secara rutin. Bila rutin melakukan dua aktifitas ini, keamanan perangkat jadi lebih terjamin, terutama dari serangan virus dan proses baca jadi lebih cepat.

3. Jangan pindahkan perangkat
Bila harddisk dalam keadaan aktif atau terhubung ke PC/Laptop, jangan dipindah-pindahkan. Bila terjadi goncangan atau benturan maka bisa terjadi bad sector dan data-data didalamnya menjadi corrupt dan rusak permanen. Lebih baik meletakkan harddisk pada permukaan datar bila ingin dihubungkan/diaktifkan.

4. Pasang kipas dekat Harddisk
Ketika terhubung ke perangkat PC/Laptop, harddisk eksternal jadi lebih gampang panas dan berpengaruh terhadap kinerja. Guna mengatasinya, letakkan dan nyalakan sebuah kipas dekat harddisk.

Itulah empat cara merawat harddisk eksternal agar awet dan tetap dalam kondisi bagus. Jangan lupa meletakkan atau menyimpan harddisk di tempat yang bersih dan bebas debu.

4 Cara Mudah Merawat Harddisk Eksternal. There are any 4 Cara Mudah Merawat Harddisk Eksternal in here.