4 Ponsel Legendaris Nokia Mengusung OS Symbian

Si Haitek - Sebelum mengusung sistem operasi Windows Phone, Nokia terkenal dengan sistem operasi Symbian. Namun, seiring pertumbuhan sistem operasi BlackBerry, Android dan iOS, Symbian semakin tertinggal. Nokia terpaksa melepas OS andalannya tersebut dan beralih ke OS Windows Phone.

Meskipun demikian, beberapa ponsel Symbian buatan Nokia sempat laris manis di pasaran dan angka penjualan termasuk tinggi. Berikut empat ponsel legendaris Nokia yang mengusung OS Symbian.

1. Nokia 7650

gambar Nokia 7650

Smartphone pertama Nokia yang diperkenalkan tahun 2002 dan mengusung OS Symbian 6.1. Ponsel dilengkapi beberapa fitur-fitur canggih di masanya seperti MMS client, email dan SyncML. Nokia 7650 jadi pilihan populer para eksekutif muda dan pekerja. Spesifikasi tergolong hebat di tahun 2002, dapur pacu disokong 104 MHz CPU dan memori RAM 4 MB. Desain ponsel tampak elegan meski berukuran besar dengan bobot yang cukup berat.

2. Nokia N-Gage

gambar Nokia N-Gage

Pelopor industri game ponsel layak diberikan kepada N-Gage. Tak sekedar berfungsi sebagai peralatan komunikasi, Nokia berikan fitur ‘fun’ ke dalam perangkat ponsel. Pengguna bisa memainkan game-game keren dengan handle nyaman dalam genggaman tangan. Ketika diluncurkan tahun 2003, Nokia memboyong beberapa judul game demi mempopulerkan N-Gage.

3. Nokia E90

gambar Nokia E90

Mengikuti kesuksesan seri 7650, Nokia kembali luncurkan Smartphone untuk kalangan pebisnis, yakni seri E90. Meski saat perilisan di tahun 2007 harganya begitu mahal, peminat E90 cukup tinggi. Tampilan Smartphone ini tergolong keren layaknya peran sebuah laptop. Seri ini tak hanya digemari kalangan pebisnis saja, beberapa orang membelinya untuk memperlihatkan status sosial.

4. Nokia E71

gambar Nokia E71

Smartphone Nokia terakhir yang mengusung OS Symbian. Meski kalah telak dari iPhone yang merajai pasar ponsel pintar di tahun 2008, beberapa orang senang memakai seri E71 karena material ponsel yang terbuat dari metal dan desain tipis. Nokia E71 menawarkan beragam fitur keren yang mendukung aplikasi perkantoran dan browsing.

4 Ponsel Legendaris Nokia Mengusung OS Symbian. There are any 4 Ponsel Legendaris Nokia Mengusung OS Symbian in here.