5 Langkah Melindungi Akun Twitter Dari Autoretweet

Si Haitek - Bagaimana mengetahui akun twitter yang di-hack atau phishing? Banyak cara untuk mengetahuinya, salah satunya auto tweet yang berisi link hoax yang terpampang di timeline Twitter. Apakah anda mengalami hal yang sama?


Bila akun melakukan auto-tweet tanpa persetujuan dan berisi informasi yang tak pernah ditulis oleh sang pengguna, maka harus segera diwaspadai. Apalagi tweet yang terpampang di lini masa sulit terhapuskan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Bila anda mengalami gejala seperti auto-tweet tanpa persetujuan, lakukan langkah-langkah pencegahan sebagai berikut!

1. Segera atur menu Setting
Langkah pertama adalah membuka menu setting di halaman resmi akun twitter. Ketika berada di dalam menu setting, pilih tab Apps.

2. Buka menu Apps
Ketika berada di dalam menu Apps, pengguna akan melihat daftar aplikasi yang digunakan dan diberi akses untuk terkoneksi ke akun twitter. Perhatian secara seksama semua aplikasi yang terdaftar dalam menu Apps.

3. Hilangkan aplikasi mencurigakan
Bila melihat aplikasi yang mencurigakan, segera hapus! Caranya sangat mudah, cukup menekan tombol revoke. Sehingga aplikasi mencurigakan tersebut tidak akan memiliki akses ke akun twitter dan melakukan tindakan seperti auto-tweet.

4. Ubah password
Yang paling penting sekali adalah mengubah password. Setelah menghapus aplikasi yang mencurigakan, gantilah password akun twitter. Langkah ini demi mencegah akses dari pihak pelaku phishing untuk melakukan auto-tweet.

5. Pantau akun secara rutin
Luangkan waktu untuk memantau akun secara rutin, lihatlah daftar aplikasi di menu apps dan ganti password sebulan sekali.

Itulah lima langkah utama untuk mengecek apakah akun twitter melakukan auto-tweet tanpa persetujuan. Dalam beberapa kasus, tindakan phishing juga menyebarkan ‘direct message’ ke para followers dan itu cukup meresahkan karena bisa saja bertujuan ke arah criminal.

5 Langkah Melindungi Akun Twitter Dari Autoretweet. There are any 5 Langkah Melindungi Akun Twitter Dari Autoretweet in here.