5 Penyebab Utama Smartphone Jadi Cepat Panas

Si Haitek - Bingung kenapa Smartphone jadi cepat panas? Itulah pertanyaan yang sering muncul. Padahal ponsel baru digunakan beberapa menit saja, namun bodi casing sudah terasa panas. Sebenarnya, ada beberapa penyebab Smartphone panas dan sebagian besar dikarenakan cara pemakaian yang tidak memadai. Dalam hal ini, si pengguna wajib bijaksana dalam menggunakan Smartphone kesayangan.


Berikut lima penyebab smartphone jadi lebih cepat panas!

1. Debu
Smartphone dalam keadaan kotor diselimuti lapisan debu yang cukup tebal. Itulah salah satu penyebab mengapa ponsel jadi cepat panas ketika digunakan. Tumpukan debu menghambat suhu panas keluar dari bodi ponsel. Jangan letakkan ponsel di tempat kotor ataupun berdebu. Lebih baik melindungi perangkat dengan memasang cover pelindung anti debu.

2. Performa sibuk
Bila performa ponsel terlalu tinggi dan sibuk, maka lebih cepat memanas. Kinerja CPU yang terlalu tinggi jadi penyebab utama, apalagi ponsel dipaksa menjalankan beberapa aplikasi yang membutuhkan kinerja CPU dan RAM yang lapang. Oleh karena itu, kurangi penggunaan aplikasi tak penting.

3. Lingkungan panas
Faktor luar lainnya yang turut bertanggung adalah lingkungan. Bila berada di lingkungan yang panas, maka Smartphone pun akan ikut terpengaruh. Oleh karena itu, jangan gunakan ponsel terlalu lama jika berada di lingkungan yang tak kondusif.

4. Pemakaian teledor
Terkadang pengguna Smartphone lupa mematikan atau menutup aplikasi dengan benar. Akibatnya, aplikasi tersebut bakal terus berjalan dan menguras daya baterai ponsel, sehingga Smartphone jadi lebih cepat panas.

5. Jaringan 3G
Browsing dengan jaringan 3G memang cepat tetapi itu termasuk penyebab Smartphone panas. Matikan saja sinyal 3G bila tidak dalam keadaan browsing, pesan instan tetap terkirim dan diterima dengan baik meski berada dalam jaringan 2G.

5 Penyebab Utama Smartphone Jadi Cepat Panas. There are any 5 Penyebab Utama Smartphone Jadi Cepat Panas in here.