5 Tips Mengamankan Akun Facebook & Twitter Dari Hacker

Si Haitek - Serangan hacker dan phishing membuat para pengguna Facebook dan Twitter merasa tidak tenang. Sebenarnya tidak perlu khawatir bila selalu waspada dan mawas diri. Bila sudah siap dari awal, serangan-serangan tersebut bisa dihadang. Lalu, apa saja yang harus dilakukan? Berikut lima tips mengamankan akun Facebook & Twitter dari serangan Hacker.


1. Selektif memilih aplikasi
Facebook dan Twitter menyediakan opsi bagi para pengguna untuk menambah aplikasi ke dalam akun. Meskipun demikian, pengguna wajib selektif karena beberapa aplikasi bisa menimbulkan masalah di masa depan. Bila ingin menambahkan aplikasi, pastikan sudah memperoleh verifikasi resmi. Aplikasi tak resmi biasanya mengandung serangan berbahaya, entah itu spam ataupun virus.

2. Jangan buka link mencurigakan
Bila seorang teman atau follower mengirimkan direct message atau link, jangan langsung di klik. Biasanya, link tersebut mengandung virus, spam atau phishing berbahaya. Mungkin saja teman atau follower yang mengirimkan link itu merupakan korban serangan hacker.

3. Tahan godaan promo
Facebook dan Twitter seringkali dihiasi promo-promo yang bisa menyerang akun. Berhati-hatilah, beberapa hacker sering menanamkan link berisi phishing atau malware berbahaya.

4. Rutin mengubah password
Demi mencegah aksi para hacker tak bertanggung jawab, ubahlah password secara rutin, minimal sebulan sekali. Sebaiknya melakukan kegiatan ini sebelum terkena serangan phishing atau malware. Pencegahan itu lebih baik!

5. Password unik
Pastikan password untuk Twitter, Facebook dan Email berbeda-beda alias tak sama. Buatlah password unik dengan kombinasi angka, huruf dan simbol-simbol.

Itulah lima tips mengamankan akun Facebook & Twitter dari serangan hacker tak bertanggung jawab. Waspada dan siap siaga selalu demi keamanan akun, ada baiknya mengakses situs dari perangkat pribadi karena lebih terjamin.

5 Tips Mengamankan Akun Facebook & Twitter Dari Hacker. There are any 5 Tips Mengamankan Akun Facebook & Twitter Dari Hacker in here.