6 Cara Menghemat Kuota Internet Di Perangkat Android

Si Haitek - Kebutuhan internet pada perangkat Android cukup tinggi, tak hanya digunakan untuk browsing saja tetapi agar tetap terkoneksi dengan layanan pesan instan, jejaring sosial ataupun game online. Namun, kendala utama yang sering dihadapi adalah kehabisan kuota. Memilih layanan internet kuota dianggap pilihan yang lebih baik daripada layanan unlimited, namun kehabisan kuota data bisa jadi mimpi buruk.


Lalu, bagaimana cara menghemat kuota internet di perangkat android? Simak tujuh tips berikut!

1. Hentikan aplikasi penyedot kuota
Sekarang ini begitu banyak aplikasi jejaring sosial dan pesan instan yang bisa menyedot banyak kuota. Daripada menginstal banyak aplikasi, pilih satu atau dua saja, sehingga tidak memakan data internet terlalu banyak.

2. Tak perlu terkoneksi 24 jam
Terkoneksi ke internet selama 24 jam memang menyenangkan, tetapi ada baiknya untuk mematikan koneksi terutama ketika waktu tidur tiba. Selain menghemat kuota, trik ini mampu membuat pengguna ponsel tertidur pulas tanpa harus bermain-main dengan perangkat kesayangan.

3. Matikan fitur auto-sync menu
Beberapa aplikasi tertentu membutuhkan auto-sync ketika terhubung ke internet dan tentu saja bakal menyedot banyak data. Oleh karena itu, matikan fitur ini pada aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan.

4. Instal network manager
Salah satu aplikasi keren untuk menghemat kouta internet adalah network manager. Pengguna diperkenankan mengatur batas kuota harian dan bila sudah mencapai ketentuan tertentu, maka aplikasi ini bakal mematikan koneksi internet.

5. Perkecil resolusi gambar
Bila ingin browsing internet, pilihlah opsi perkecil resolusi gambar. Pilihan paling tepat yaitu menginstal dan menggunakan aplikasi opera mini, browsing jadi lebih hemat dan cepat.

6. Matikan fitur auto update
Jangan lupa matikan fitur auto update karena itu akan menguras kuota data internet tanpa sepengetahuan.

Itulah enam cara menghemat kuota data internet di perangkat android. Selamat mencoba!

6 Cara Menghemat Kuota Internet Di Perangkat Android. There are any 6 Cara Menghemat Kuota Internet Di Perangkat Android in here.