3 Cara Mengatasi Koneksi Internet Lambat

Si Haitek - Internet merupakan teknologi yang sudah menjamur ke berbagai pelosok dan masyarakat dunia, bahkan sudah sulit terpisahkan dari kehidupan modern. Hal paling menyebalkan ketika sedang mengakses internet adalah kecepatan yang melambat secara tiba-tiba. Mengapa hal itu bisa terjadi?
Jangan langsung panik! Coba bersikap santai, periksa beberapa hal penyebab koneksi internet melambat. Pertama, coba cek data kouta, bila masih tersisa banyak, mungkin saja ada sesuatu.

1. Cek kabel penghubung dan konfigurasi
Bila koneksi internet menggunakan kabel ethernet, pastikan memakai kabel cat5e atau cat5. Jika salah kabel, maka itulah penyebab internet melambat. Cek pula kondisi kabel, apakah masih dalam kondisi baik, tidak tergencet ataupun terlilit.

Jika tak ada masalah sama sekali pada jaringan kabel, luangkan waktu mengecek sistem konfigurasi di komputer/laptop. Salah satu penyebab internet melambat karena masalah dari jaringan pusat.

2. Cek receiver luar
Bagi pengguna layanan internet satelit, coba periksa perangkat receiver yang terpasang di luar rumah. Bisa saja ada objek yang mengganggu jaringan satelit dalam menangkap sinyal, mungkin saja daun, ranting pohon atau layang-layang.

Bila tak ada satupun yang berada di perangkat receiver, penyebab internet melambat bisa diakibatkan kondisi cuaca yang tak sedang bersahabat. Dalam hal ini, coba tanyakan langsung ke pihak penyedia layanan internet.

3. Cek modem, router dan adaptor power
Bagi pengguna internet modem USB atau berbasis DSL, coba matikan perangkat modem terlebih dahulu, biarkan selama 30 detik. Mungkin saja jaringan melambat karena kinerja modem yang terlalu berat dan kepanasan. Bila modem sudah tak terasa panas, segera pasang kembali.

Bila ketiga cara diatas belum cukup berhasil, matikan atau restart komputer. Selain faktor eksternal, internet melambat seringkali disebabkan faktor internal yang sering dialami penyedia layanan internet.

3 Cara Mengatasi Koneksi Internet Lambat. There are any 3 Cara Mengatasi Koneksi Internet Lambat in here.