Hanya berusaha memberikan informasi teknologi terbaru

3 Tips Membeli Cooling Pad Laptop

Si Haitek - Aksesoris penting laptop yang harus dimiliki adalah cooling pad. Fungsi utamanya adalah menyerap suhu panas yang dikeluarkan bodi laptop. Alat ini memiliki beberapa kipas kecil yang letaknya tepat dibawah perangkat laptop.
Saat ini, cooling pad sudah menjadi sebuah kebutuhan penting dan mudah ditemukan. Beragam merek, tipe dan spesifikasi yang tersedia dipasaran, tapi bagaimana mencari yang terbaik? Berikut tips memilih cooling pad.

1. Cek posisi kipas
Cooling pad memiliki jumlah kipas yang bervariasi, tergantung merek dan harga. Ada cooling pad yang menawarkan dua kipas posisi sejajar, tiga kipas posisi segitiga dan satu kipas besar. Pilihlah cooling pad yang sesuai kebutuhan laptop. Silahkan mengecek lubang ventilasi suhu pada bodi bagian bawah laptop. Bila terdapat tiga lubang berpola segitiga, pilih cooling pad tiga kipas posisi segitiga. Mudah, kan?

2. Cek aliran udara kipas
Sebelum membeli sebuah cooling pad, perhatikan pula aliran udara kipas. Ada dua tipe cooling pad: tiupan udara kipas ke arah atas atau tiupan udara kipas ke arah bawah. Keduanya jelas berbeda. Cooling pad dengan aliran tiupan kipas ke bawah mampu membawa keluar suhu panas, sedangkan cooling pad dengan aliran tiupan kipas ke atas rentan membawa debu yang dapat memperburuk sistem ventilasi udara bodi laptop.

3. Cek material
Cooling pad yang tersedia dipasaran terbuat dari dua jenis bahan, logam dan plastik. Lebih baik memilih yang terbuat dari logam meskipun harganya lebih mahal. Keunggulan cooling pad logam yaitu menghantarkan panas lebih cepat keluar dari bodi laptop, jauh berbeda dari cooling pad plastik.

Itulah tiga tips memilih cooling pad untuk perangkat laptop kesayangan. Perhatikan tiga point diatas, sehingga laptop tetap awet.

3 Tips Membeli Cooling Pad Laptop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Si Haitek