5 Penyebab Utama Internet Di Indonesia Lambat

Si Haitek - Akamai, sebuah lembaga riset baru saja mengumumkan laporan terbaru yang berjudul "State of the Internet" untuk periode Q3-2013. Ternyata, kecepatan jaringan internet Indonesia mengalami penurunan performa dan harus puas di posisi 118 dunia. Tentu saja, itu sebuah hal paling mengejutkan karena pada laporan Q2-2013, Indonesia berada di posisi 108 dunia.
gambar penyebab internet di indonesia lambat
Pada laporan Q3-2013, kecepatan rata-rata internet Indonesia hanya mampu meraih angka 1,5 Mbps. Mengapa terjadi penurunan yang begitu tajam? Apa penyebab internet di Indonesia lambat?

1. Besarnya jumlah pengguna
Salah satu penyebab melambatnya akses jaringan internet adalah besarnya jumlah pengguna. Teknologi yang masih 3G tidak diimbangi dengan jumlah pengguna yang meningkat drastis dalam beberapa tahun belakangan. Ibarat jalan tol, semakin banyak kendaraan maka jalur akses semakin lambat.

2. Jaringan belum Tier-1
Pertumbuhan infrastruktur jaringan serat optik terlalu lambat. Indonesia masih harus mengandalkan akses Tier-1 ke Singapura. Mahalnya koneksi karena harus menempuh beberapa gateway, maka satu jalur terbagi ke beberapa pengguna dan secara otomatis, internet melambat.

3. Layanan data hanya fokus di perkotaan
Akamai melakukan survei secara menyeluruh, baik kota maupun pedesaan. Menurunnya peringkat Indonesia disebabkan hal tersebut. Kecepatan internet di perkotaan jauh mengungguli pedesaan, operator hanya fokus pada beberapa tempat potensial saja, sehingga BTS di luar jawa tak memperoleh perhatian.

4. Implementasi LTE tertunda
Implementasi teknologi seluler kecepatan tinggi, yakni LTE, masih tertunda dan tak diketahui penggunaannya secara menyeluruh. Padahal, beberapa operator mengaku sudah siap untuk menjalankan teknologi itu meskipun masih mencakup areal perkotaan.

5. Gagal WiMax
Teknologi WiMax sudah dicanangkan sejak tahun 2005 silam, namun implementasinya tak kunjung beres. Akibatnya, pengguna internet lebih banyak menggunakan jaringan 2G/EDGE/3G karena sedikitnya pilihan yang tersedia. Gagalnya implementasi WiMax merupakan salah satu penyebab internet di indonesia lambat.

5 Penyebab Utama Internet Di Indonesia Lambat. There are any 5 Penyebab Utama Internet Di Indonesia Lambat in here.