6 Sistem Operasi Tergagal Di Pasaran

Si Haitek - Setiap perangkat komputer sangat mengandalkan operating system (OS) atau sistem operasi. Itu sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan! Salah satu OS paling terkenal di dunia adalah Windows buatan Microsoft. Sebelum Windows melegenda selama beberapa tahun terakhir, ada beberapa jenis OS yang mengalami kegagalan di pasaran, entah itu buatan pengembang lokal ataupun dunia. Berikut daftar OS yang mengalami kegagalan dan sedikit peminat.
1. Windows 1.0
Pada tahun 1985, Microsoft merilis OS pertamanya yaitu Windows 1.0. Namun, produk beta ini tak sukses dipasaran dan kurang peminat. Pihak vendor menganggap kegagalan sebagai sebuah proses untuk menjadi yang lebih baik, Microsoft pun melakukan banyak perubahan di semua lini dan merilis update terbaru, Windows 1.1.

2. MS-DOS 4.0
Pada tahun 1988, Microsoft merilis sistem operasi anyar, MS-DOS 4.0. OS ini hadir sebagai pengganti generasi terdahulu, versi 3.3. Produk ini menerima banyak komplain dari para pengguna karena sering terjadi crash dan membuat komputer berjalan begitu lambat. Pihak vendor terpaksa menarik produk dari pasaran.

3. JavaOS
Pada tahun 1986, JavaOS resmi meluncur dipasaran. Sistem operasi itu merupakan hasil kerja sama IBM dan SUN. Kisah JavaOS di pasaran jauh dari kata sukses dan menerima banyak keluhan pengguna, terutama fitur yang tidak mendukung program tertentu. Tak perlu waktu lama hingga ditarik dari peredaran.

4. Windows ME
Pada tahun 2000 silam, Microsoft meluncurkan produk anyar Windows ME (Millenium Edition). Sayang sekali, OS ini tak menerima sambutan hangat dari para konsumen. Banyak pelanggan mengeluh tampilan antarmuka yang kaku, loading berat dan ketidakstabilan. OS pun ditarik dari pasar.

5. Lindows
Pada tahun 2001, sebuah OS bernama Lindows meramaikan pasaran. Banyak orang mengiranya sebagai proyek sampingan Microsoft, ternyata bukan. Lindows merupakan OS plesetan berbasis Linux yang memiliki kemampuan menjalankan beragam aplikasi perangkat lunak milik Windows. Masa depan Lindows tutup dengan cepat karena digugat oleh Microsoft.

6. Windows Vista
Pada tahun 2006, Microsoft meluncurkan Windows Vista sebagai suksesor XP. Namun OS anyar itu tidak berbicara banyak di pasaran. Beragam keluhan yang diterima, mulai dari loading lambat dan crash. Para pengguna pun kembali menginstal XP yang terbukti lebih stabil dan ringan.

6 Sistem Operasi Tergagal Di Pasaran. There are any 6 Sistem Operasi Tergagal Di Pasaran in here.