Google Nyaris Dijual dengan Harga Murah

Si Haitek - Semua orang pasti sudah familiar dengan nama brand internet "Google". Google merupakan perusahaan teknologi dengan nilai valuasi pasar mencapai ratusan miliar dollar AS. Mungkin tak banyak yang tahu bahwa raksasa internet ini pernah hampir dijual murah oleh salah satu pendirinya, Larry page.

Alkisah, sebagaimana diceritakan oleh Business Insider pada 1996, Page yang masih berstatus mahasiswa di Universitas Stanford membuat mesin pencari cikal bakal Google. Mesin pencari bernama BackRub itu dibikinnya setelah mendapat "ilham" lewat mimpi, soal mengorganisasikan jaringan internet.

Pada Januari 1997, Page berusaha menjual BackRub ke sebuah portal internet bernama Excite sehargai total 1,6 juta dollar. Angka yang sangat kecil dibandingkan nilai Google saat ini.

Harga 1,6 juta dollar itu terbagi dalam bentuk uang kas sebesar 600.000 dollar AS dan saham senilai 700.000 dollar AS untuk Page, sementara 300.000 dollar AS sisanya diberikan untuk Standford.


Dalam sebuah surat kepada investor utama Excite, Vinod Khosla, Page berpromosi BackRub bisa meningkatkan trafik Excite sebesar 10 persen dan menaikkan pendapatan sebesar 47 juta dollar AS per tahun.

Page juga menjelaskan bisa bekerja di Excite selama tujuh bulan sebelum kembali ke Stanford untuk melanjutkan kuliah pada musim gugur tahun itu.

Namun, tawarannya ditolak. CEO Excite George Bell beralasan search engine BackRub terlalu efektif sehingga bisa terlalu cepat mengalihkan pengguna ke luar situs tersebut. Dia mengatakan hal itu akan berpengaruh buruk terhadap bisnis iklan Excite.

Bertahun-tahun setelahnya, BackRub berevolusi menjadi Google, salah satu raksasa teknologi terbesar di dunia. Dan penjualan itu pun urung dilakukan. Perusahan Google bernilai hampir 359 miliar dollar AS, berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan harga yang ditawarkan Page ketika hendak menjualnya dulu.


Sumber: http://www.tribunnews.com/iptek/
Editor: @anmubaroki 

Google Nyaris Dijual dengan Harga Murah. There are any Google Nyaris Dijual dengan Harga Murah in here.